Hipnotherapi Untuk Stimulus Percepatan Mahasiswa FPIK UNG

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 3 Januari 2020 . 17:37:00

Programming Pola Pikir Mahasiswa FPIK Unggul dan Berdaya Saing melalui Kegiatan hipnotherapi untuk stimulus percepatan mahasiswa

 

Sebagai mahasiswa, beragam kompetensi wajib harus dipenuhi agar dapat menunjang kesuksesan. Salah satunya adalah mampu menyampaikan gagasan di depan publik dengan performansi yang prima dan percaya diri. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan publik mahasiswa adalah dengan melakukan Self Hypnosis kepada diri sendiri. Pada umumnya mahasiswa yang berada di semester-semester awal membutuhkan waktu beberapa bulan untuk bisa beradaptasi dengan iklim perkuliahan.

Mahasiswa baru biasanya memang memiliki masalah dalam hal kepercayaan diri. Mahasiswa baru memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah jika di bandingkan dengan mahasiswa yang sudah berkuliah selama 2-3 tahun. Dunia kemahasiswaan merupakan wilayah kehidupan baru bagi remaja, terutama bagi siswa yang baru lulus dari pendidikan SMA dan memutuskan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Bagai langit dan bumi, dunia sekolah dengan dunia mahasiswa sangatlah berbeda. Dari segi metode pembelajaran, di SMA kebanyakan lebih bersifat satu arah, dari guru kepada siswa. Sedangkan diPerguruan Tinggi menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (Student Center Learning). Perbedaan kondisi tersebut yang harus dihadapi oleh siswa menuju mahasiswa, khususnya oleh mahasiswa di semester-semester awal, di perlukan kemampuan adaptasi cepat dan kepercayaan diri yang matang agar aktualisasi diri yang baik dapat di raih sejak awal kuliah hingga wisuda. Dari segi perkembangan, pada usia mahasiswa mengalami pemantapan pendirian hidup. Artinya pada fase mahasiswa, individu akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada fase siswa. Sebagaimahasiswa, seorang individu dituntut untuk bisa menjadi role model, lebih dewasa, lebih matang dalam berpikir dan berperilaku serta bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Untuk menjalankan semua tuntutan tersebut maka kepercayaan diri yang baik, khususnya ketika berbicara di depan publik sangat dibutuhkan.  Programming Pola Pikir Mahasiswa FPIK Unggul dan Berdaya Saing melalui Kegiatan hipnotherapi untuk stimulus percepatan mahasiswa merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan diera 4.0.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah