Ketua Ikatan Pengusaha Perikanan Sulut (IPPS) Narasumber Sharing Discussion FPIK UNG

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 15 Juni 2021 . 12:24:04

Ketua Ikatan Pengusaha Perikanan Sulut (IPPS), Budi Wahono menyempatkan  hadir sebagai Narasumber Pada Sharing Discussion di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, laut memainkan peran sentral yang tak terbantahkan di Indonesia. Dengan area perairan yang hampir empat kali lebih besar dari luas daratannya, sektor kelautan dan perikanan memainkan peran penting dengan kontribusinya terhadap ketahanan pangan, mata pencaharian, dan penerimaan devisa. Saat ini, lebih dari 6 juta orang terlibat di sektor kelautan dan perikanan Indonesia, termasuk pebisnis dan nelayan kecil.

Pandemi Covid-19 ini memiliki pengaruh terhadap sektor kelautan dan perikanan. Beberapa di antaranya adalah penurunan produksi dan terganggunya rantai pasok akibat social dan physical distancing, serta beberapa wilayah yang mengalami pembatasan akses sementara. Hal tersebut berdampak tidak hanya pada pebisnis besar, namun juga keseluruhan rantai pasok termasuk pengiriman produk ikan, pakan, hingga akses pasar nelayan/petambak tradisional. Kondisi pandemi ini pun menyoroti pentingnya ketangguhan pada sektor kelautan dan perikanan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, sekaligus untuk meminimalisir dampak dari risiko krisis yang mungkin terjadi di masa depan.

Sharing Discussion ini  membahas peranan dari berbagai sektor di dunia perikanan, antara lain sektor perencanaan, keuangan, bisnis, dan lembaga swadaya masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Diskusi ini juga akan membahas instrumen (seperti pembangunan, keuangan, moda bisnis) yang dapat membantu industri dan masyarakat dalam menghadapi tantangan yang muncul saat ini akibat Covid-19, sekaligus membantu pemulihan dan membangun industri dan masyarakat perikanan yang lebih tangguh di masa depan.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah