Raih Gelar Doktor dari Universitas Brawijaya ; Lis M Yapanto Teliti Tentang Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 5 Februari 2021 . 12:23:20
Raih Gelar Doktor dari Universitas Brawijaya ; Lis M Yapanto Teliti Tentang Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (F.PIK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus mengalami peningkatan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Dosen yang menyelesaikan Program Doktor (Dr) di Perguruan Tinggi di Indonesia. Hal Ini dibuktikan kembali di awal tahun 2021 FPIK-UNG Ketambahan seorang doktor dari Universitas Brawijaya Malang, yaitu Dr. Lis M Yapanto, S.Pi. MM Bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Pelaksanaan Ujian disertasi terbuka dari Lis M Yapanto ini dilaksanakan di Ruang Smart Room FPIK, Jumat (05/02/2021) dengan secara virtual. Ko Promotor dalam Ujian Terbuka Dr. Lis M. Yapanto, S.Pi.,MM salah satunya Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi.,M.SI. Disertasi disampaikan mengangkat kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir khususnya yang ada di Kabupaten Bone Bolango, dengan judul 'Model Diversifikasi usaha masyarakat pesisir di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo' 

Menurut penyaji Kehidupan dan mata pencaharian masyarakat nelayan pesisir di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo sangat rentan terhadap perubahan iklim dan lingkungan. Diversifikasi sumber pendapatan nelayan di luar perikanan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi dampak buruk perubahan lingkungan. Sehingga Penelitian yang dilakukan bertujuan menganalisis pengaruh diversifikasi usaha terhadap kesejahteraan rumah tangga nelayan pesisir di KabupatenBone Bolango, menganalisis pengaruh diversifikasi usaha terhadap kelestarian lingkungan pesisir di Kabupaten Bone Bolango, menganalisis pengaruh kesejahteraan rumah tangga nelayan terhadap kelestarian lingkungan pesisir di Kabupaten Bone Bolango, dan merumuskan model diversifikasi usaha pemanfaatan sumberdaya pantai yang cocok di Kabupaten Bone Bolango," ujarnya.

Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa semakin meningkat kesejahteraan rumah tangga nelayan di wilayah pesisir di Kabupaten Bone Bolango, maka semakin meningkat kelestarian lingkungannya," kata Lis M Yapanto. Pelaksanaan ujian dari Lis ini dihadiri oleh wakil rektor II UNG, Dr. Ir. Yuniarti Koniyo, dan para dosen yang ada dilingkungan FPIK UNG, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lis juga mendapatkan ucapan selamat dari wakil ketua DPR-RI Rachmat Gobel, Yayasan SMANSA 88 Gorontalo, serta keluarga dan para koleganya.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah