Mahasiswa FKTP UNG Lakukan Penanaman Mangrove

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 3 Mei 2024 . 19:54:21

Kegiatan penanaman bersama yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG merupakan langkah nyata untuk melakukan rehabilitasi ekosistem mangrove yang berada di pesisir pantai.

Ekosistem mangrove memiliki kemampuan menahan abrasi, penahan gelombang serta menyimpan karbon yang lebih banyak dibandingkan ekosistem lainnya. Sehingga aktivitas ini dapat berkontribusi signifikan dalam mitigasi bencana pesisir dan perubahan iklim. 

Selain itu area rehabilitasi mangrove dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat berkembang menjadi kawasan mangrove

Kepala Loka Riset Budidaya Rumput Laut menyambut baik aksi penanaman mangrove bersama yang dilakukan, dengan penanaman diharapkan akan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi penambahan luasan hutan mangrove di Desa Tabulo Selatan Kecamatan Mananggu

Aksi penanaman mangrove merupakan salah satu cara yang efektif dalam upaya mitigasi bencana dan perbaikan ekosistem pesisir untuk mendukung pembangunan rendah karbon. Pelestarian alam dalam hal ini ekosistem mangrove merupakan bentuk kontribusi nyata dari korporasi, dunia pendidikan dan masyarakat untuk kepentingan saat ini dan di masa mendatang.

Wujud kepedulian serta aksi nyata yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG ini untuk mendukung upaya penurunan emisi karbon secara global. Area penanaman akan dimanfaatkan menjadi laboratorium alam yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan pengembangan kapasitas kelompok melalui pengabdian masyarakat khususnya dalam rehabilitasi dan pemanfaatan ekosistem mangrove.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah