Dosen FKTP UNG Hadiri Koordinasi Survei Pemetaan Geopark Provinsi Gorontalo

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 1 Februari 2024 . 16:51:14

Geopark merupakan suatu konsep manajemen pengembangan kawasan secara berkelanjutan yang mengintegrasikan tiga keragaman yaitu keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity) dan keragaman budaya (cultural diversity) yang bertujuan untuk pembangunan serta pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis pada asas konservasi terhadap ketiga keragaman tersebut.

Pemerintah saat ini genjar mendorong Gorontalo Geopark. Sebagai sebuah provinsi, Gorontalo dianggap sebagai wilayah yang memiliki nilai geologi yang istimewa dan penting. Pemerintah dan peneliti menyebut Gorontalo memiliki beragam fitur geologi yang unik dan menarik. 

Gorontalo Geopark juga didorong karena provinsi yang memisahkan diri dari Sulawesi Utara (Sulut) sejak 2000 ini memiliki sejarah geologi yang kaya, termasuk catatan tentang bagaimana bumi terbentuk dan berkembang selama jutaan tahun.

Provinsi Gorontalo melakukan rapat koordinasi survei pemetaan Geopark, turut hadir dalam kegiatan ini Prof. Femy M. Sahami, S.Pi., M.Si yang merupakan Dosen Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG. menurut Prof. Femy Survei ini akan di laksanakan selama 18 hari dengan Balai Besar Survei Pemetaan Geologi Kelautan (BBSPGL) kementerian ESDM RI. Akan ada kapal milik ESDM yg tentunya memiliki alat alat pengukuran kualitas air dan sedimen laut. Alhamdulillah ini peluang untuk kita dosen dan mahasiswa yaitu bisa ikut survei yang nantinya akan dapat membantu percepatan penyelesaian studi mahasiswa bagi mahasiswa Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan Universitas Negeri Gorontalo ujarnya.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah