Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG Lakukan Sosialisasi di SMK Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 19 Januari 2024 . 17:04:56

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan skema baru terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB) bagi perguruan tinggi negeri (PTN). Beberapa waktu yang lalu, informasi tentang penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2024 sudah selesai di sosialisasikan. Adapun Penerimaan Mahasiswa Baru PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 melalui Jalur SNBP 2024, Jalur SNBT 2024, dan Jalur Mandiri 2024.

Dalam rangka sosialisasi Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2024/2025. Tim Sosialisasi Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG melakukan sosialisasi ke Sekolah SMA/SMK/MA di Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Sosialisasi ke Kabupaten dan Kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 30 Januari 2024 ini ditujukan kepada Kepala Sekolah, Guru, serta Siswa yang ada di Sekolah Menengah Atas yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

SMK Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu Sekolah yang pertama kali di Kunjungi Oleh Tim Sosialisasi Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG. Pemilihan SMK Negeri 1 Batudaa Pantai ini selain berada dikawasan Teluk Tomini, SMK ini merupakan salah satu sekolah kejuruan yang memiliki Jurusan Perikanan.

Prof. Femy Sahami, S.Pi.,M.Si yang merupakan salah satu Tim Sosialisasi menjelaskan terkait Kedudukan Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG serta Fasilitas Pendukung yang akan diperoleh selama kuliah. selain itu juga beliau menjelaskan terkait mekanisme penerimaan SNBP dan SNBT 2024 adalah dua jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, yang menilai calon mahasiswa berdasarkan rapor dan portofolio akademik dan non akademik. SNBT adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, yang menilai calon mahasiswa berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Selain jalur mandiri, perubahan-perubahan ketentuan juga terjadi pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Salah satu perubahan di SNPMB 2024, ialah peserta yang sudah diterima di jalur prestasi, tak boleh daftar pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Yang sudah diterima jalur SNBT, tak boleh lagi mendaftar di jalur mandiri ujar Prof Femy 

“Skema-skema baru seperti ini perlu kita sampaikan ke sekolah-sekolah agar siswa-siswa di daerah juga bisa memperoleh informasi yang jelas dan akurat, sehingga informasi resmi penerimaan mahasiswa baru ini tersosialisasikan dengan baik kepada calon-calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri khususnya di UNG,” harapnya.

 

 

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah