FKTP UNG Laksanakan Seleksi National University Debating Championship (NUDC)

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 21 Februari 2024 . 13:18:37

National University Debating Championship (NUDC) merupakan kompetisi debat agenda dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa seluruh mahasiswa. NUDC merupakan debat bahasa Inggris.

Lomba debat antar perguruan tinggi menjadi bagian penting dari kompetisi di era global.Lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi yang mumpuni. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat global. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan membentuk kemampuan mahasiswa dalam memahami tantangan lingkungan secara objektif dan mengambil keputusan secara cerdas, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh calon pemimpin masa depan bangsa ini. Menyadari pentingnya lomba debat bahasa Inggris ini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) secara konsisten menyelenggarakan ajang National University Debating Championship (NUDC). Sejak tahun 2008, ajang ini telah menjadi arena positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kebanggaan sebagai generasi bangsa.

Sistem yang digunakan dalam NUDC adalah sistem British Parliamentary (BP).Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia.1. Jumlah debatersSatu tim terdiri atas dua debaters. Dalam satu babak debat, terdapat empat timyang berdebat dalam satu ruangan. Keempat tim tersebut mendapatkan posisi sebagai Opening Government, Opening Opposition, Closing Government, dan Closing Opposition.2. MosiMosi debat dalam sistem BP bersifat impromptu, yakni mosi diberikan menjelang perdebatan dimulai. Setiap tim mempunyai masa penyiapan kasusselama 15 menit.3. TabulasiTabulasi sistem BP dilakukan secara terbuka dan daring. NUDC menggunakan tabbycat untuk mentabulasi semua babak. Semua informasi tim, skor, nama juri, ranking tim, mosi dan proses perlombaan tercatat di tabulasi dan diberikan kepada peserta.

Pelaksanaan seleksi National University Debating Championship (NUDC) Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024 diruang Smart Room Lt. II FKTP UNG dan diikuti oleh 4 tim. Tim tersebut terdiri dari 8 orang  dari jurusan Perwakilan Jurusan. Adapun Juri pada Pelaksanaan seleksi National University Debating Championship (NUDC) terdiri atas Dr. Juliana, S.Pi.,M.P., Nuralim Pasisingi, S.Pi.,M.Si dan Dr. Asri Silvana Naiu, S.Pi.,M.Si.

Ajang ini digelar untuk mendapatkan tim yang memiliki kemampuan dibeberapa bidang seperti keluasan ilmu pengetahuan, mampu menyampaikan opini dengan padat dan jelas, serta kemampuan berbahasa asing dengan artikulasi yang mudah dimengerti serta ketepatan waktu saat menyampaikan opini yang sesuai dengan durasi yang ditetapkan oleh dewan juri. Harapannya seluruh perwakilan fakultas dapat menampilkan penampilan debat yang terbaik sehingga layak mewakili Untad menuju kompetisi debat tingkat regional, nasional bahkan internasional.” Jelas Iin Lantu selaku Ketua Panitia.

 

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah