FKTP UNG Sosialisasikan Mekanisme dan Ketentuan Baru dalam Pelaksanaan SNPMB 2024

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 24 Januari 2024 . 17:59:41

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 kembali diumumkan Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN (Perguruan Tinggi Negeri) 2024 pada Jumat (8/12/2023) secara daring melalui kanal Youtube resmi SNPMB BPPP. Dalam keterangan resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), SNPMB 2024 kini memiliki tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Penerimaan melalui jalur SNBP serta SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh panitia SNPMB, sementara itu untuk jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN negeri masing-masing.

Namun pada pelaksanaan SNPMB 2024, terdapat sejumlah perubahan pada mekanismenya yang bertujuan untuk mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karir dan bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambilnya.

Terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024, yakni bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur prestasi, tidak diperbolehkan mengikuti SNBT atau Seleksi Mandiri. Begitu pula dengan yang sudah mengikuti SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada Seleksi Mandiri 2024 di PTN manapun.

Sosialisasi dan promosi SNPMB yang dilakukan Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan (FKTP) UNG dilakukan karena banyak hal penting yang akan disampaikan, terutama untuk menghindari agar sekolah dan siswa tidak terlambat mendaftar akun.

“Kebanyakan sekolah siswa akhirnya tidak mendaftar karena tidak sempat membuat akun SNPMB pada saat jadwal, sehingga semuanya akan menumpuk di jalur mandiri yang otomatis akan dikenakan uang pangkal, dan itu berlaku di semua perguruan tinggi,” 

Belum lagi, pengisian data juga perlu dilakukan dengan teliti dan hati hati. “Sesuai pengalaman empiris, operator sekolah pernah mengisi NIK bagi siswa, padahal siswa belum punya KTP, kalau ini terjadi maka konsekuensinya, sistem tidak akan bisa membaca NIK yang benar jika seorang calon mahasiswa sudah memiliki KTP sah,”

Oleh karena itu, Rektor meminta kepada kepala sekolah maupun operator agar bersama-sama bekerja untuk menyukseskan calon-calon mahasiswa untuk mendapat pendidikan yang lebih baik, melalui tiga jalur penerimaan di PTN.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah