Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Oleh FPIK UNG di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 11 Maret 2016 . 09:00:00

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo (FPIK-UNG) Dr. Abdul Hafidz Olii, M.Si. bersama rombongan Dosen FPIK-UNG melakukan kunjungan ke Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi tengah, tanggal 10-12 Maret 2016 dalam rangka sosialisasi peluang melanjutkan studi S1 ke FPIK-UNG tahun ajaran 2016/2017 serta kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa bimbingan teknis budidaya perikanan khususnya pengembangan udang vannamei, ikan bandeng, dan mujair yang ramah lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari implementasi Kerjasama Utara-Utara antara Rektor Universitas Negeri Gorontalo dengan 3 (tiga) Bupati di wilayah Kerjasama Utara-Utara, yakni Bupati Gorontalo Utara, Bupati Bolaang Mongondow Utara, dan Bupati Buol.

Dekan FPIK-UNG dalam laporannya di hadapan Bupati Buol, Bapak dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG., M.Si. ketika melaksanakan pengabdian pada masyarakat di area pertambakan Desa Negeri Lama Kabupaten Buol, menyampaikan bahwa sejak berdiri menjadi fakultas tersendiri tahun 2014, FPIK-UNG telah menerima mahasiswa sebanyak 817 orang, dengan jumlah dosen sebanyak 28 orang yang terdiri dari kualifikasi S2 dan S3 dalam berbagai disiplin ilmu kelautan dan perikanan dan siap bekerjasama dengan Kabupaten Buol dalam mengembangkan sektor Perikanan untuk tahun ajaran 2016/2017.

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh tim FPIK-UNG ini ungkap beliau adalah untuk menambah kecepatan upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat yang harmonis serta dinamis yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya dan norma-norma dalam kehidupan masyarakat berkembang, khususnya bagi masyarakat pelaku perikanan di Kabupaten Buol. Di samping itu dengan adanya kegiatan pengabdian ini, dapat memberikan umpan balik dan masukan bagi Fakultas dalam rangka meningkatkan relevansi pendidikan, sehingga diperlukan adanya ahli-ahli yang memiliki kemampuan secara interdisipliner dan multidisipliner.

Lebih lanjut, Dekan FPIK-UNG menyampaikan kedatangan tim FPIK-UNG ke Kabupaten Buol merupakan apresiasi terhadap Bupati Buol yang dikenal kebijakannya selalu berpihak kepada pengembangan ekonomi kerakyatan seperti pembukaan area pertambakan di Desa Negeri Lama seluas 100 Ha dan juga dilatarbelakangi oleh daerah ini memiliki hubungan historis dan kultural yang sangat dekat dengan Gorontalo.Bupati Buol yang didampingi para Kepala SKPD menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan FPIK-UNG serta mengharapkan agar para dosen FPIK-UNG dapat mentransfer pengetahuan praktis tentang budidaya perikanan khususnya kepada para pembudidaya ikan di daerah tambak yang baru dibuka di Desa Negeri Lama tersebut. Daerah pertambakan ini diharapkan menjadi percontohan pengembangan perikanan darat yang akan dibina oleh FPIK-UNG.

Sementara itu, acara sosialisasi peluang studi di FPIK-UNG telah dilaksanakan pada beberapa sekolah yang dipusatkan di SMA 1 Biawu pada hari jumat tanggal 11 Maret 2016, dilanjutkan dengan sosialisasi ke SMK Perikanan dan Kelautan Kecamatan Gadung yang dilaksanakan tanggal 12 Maret 2016. Acara tersebut telah mendapat sambutan dari para siswa yang pada umumnya mempertanyakan tentang kemudahan yang bisa didapat apabila studi di FPIK-UNG dan telah mendapat penjelasan dari Dekan dan para Wakil Dekan yang hadir saat itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buol Dr. Tonang Malongi, S.Pd, MA, ketika dimintai komentar tentang kegiatan tersebut menyatakan bersyukur atas kedatangan tim dari FPIK-UNG karena hal tersebut telah membuka wawasan para siswa sehingga memiliki banyak informasi dan pilihan sebelum mereka masuk perguruan tinggi.~(Zulkifli Arsalam Moo)

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah