Keunggulan FKTP UNG Dipromosikan ke Ribuan Pasang Mata di Malam Apresiasi Gambesi Kampung Inspiratif

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 22 April 2024 . 22:35:09

Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif yang digelar manajemen program Literasi Digital Provinsi Maluku Utara dan pemuda Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan, berjalan sukses dan meriah

Event yang terdiri dari kegiatan Sharing Sessions: Manajemen dan Produksi Konten Kreatif, Jelajah Argrowisata Kebun Kangkung, Temu Wicara: Parawisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ternate, Talkshow Makin Cakap Digital, Pencanangan Gerakan Pakai Aplikasi PLN Mobile, Musik Theater “Air Mata di unjung Kangkung dan Promosi Fakultas.

Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan (FKTP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pun turut meramaikan acara yang dibanjiri ribuan pasang mata.

Partisipasi FKTP UNG ini sebagai wujud komitmen dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

Dalam tayangan promosi FKTP UNG, memperkenalkan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa dan dapat menjadi lokomotif ekonomi.

Namun potensi besar ini belum mampu dimanfaatkan secara optimal. FKTP UNG hadir sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi tersebut.

FKTP UNG telah dibentuk sejak tahun 2014 dan kini dipimpin Prof. Dr. Ir. Yuniarti Koniyo, MP sebagai Dekan. Dengan visi “Menjadi pusat pengembangan inovasi ilmu perikanan dan kelautan berbasis potensi lokal di kawasan Asia Tenggara 2035”, FKTP siap mengembangkan sektor kelautan dan perikanan terutama di kawasan laut Sulawesi, Laut Maluku, dan khususnya Teluk Tomini.

Apalagi, FKTP UNG kini telah dilengkapi dengan fasilitas terbaik seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang kuliah yang mendukung pembelajaran dan penelitian di bidang kelautan dan perikanan.

FKTP UNG menawarkan empat jurusan yang relevan dengan kebutuhan industri kelautan dan perikanan, yaitu Budidaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, dan Ilmu Kelautan.

Jurusan Budidaya Perairan FKTP UNG telah memiliki Akreditasi A. Sementara Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan dan Teknologi Hasil Perikanan memiliki akreditasi unggul. Untuk Ilmu Kelautan memiliki Akreditasi B.

Jurusan-jurusan ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan wawasan dalam bidangnya masing-masing, serta membekali mahasiswa dengan keterampilan wirausaha.

Acara Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif juga menjadi ajang promosi untuk mengajak generasi muda, terutama lulusan SMA untuk bergabung dengan FKTP UNG dan menjadi bagian dari generasi emas pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia.

Jalur seleksi masuk FKTP UNG dapat dilakukan melalui Jalur SNBP, Jalur SNBT, dan Jalur Mandiri 2024. Untuk berganbung dengan FKTP UNG dapat melalui 3 jalur seleksi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri), yaitu Jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Jalur Mandiri 2024. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru FKTP UNG, dapat dilihat pada situs web resmi fktp.ung.ac.id

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah