Manajemen Sumberdaya Perairan FKTP UNG di Monev oleh Gugus Penjamin Mutu

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 18 Januari 2024 . 17:25:59

Salah satu wujud komitmen penjaminan mutu universitas Tidar dalam merealisasikan sistem penjaminan mutu internal adalah dengan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan perkuliahan Akademik. Monitoring dan evaluasi untuk memastikan apakah ada jaminan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang terlaksana merupakan sebuah proses yang terencana dan terarah dan disertai pemenuhan indikator-indikator yang terukur sebagai alat untuk melihat efektivitas dari pelaksanaan program kerja yang telah dilakukan.

Untuk menjamin adanya suatu perbaikan mutu layanan yang berkelanjutan, diperlukan evaluasi kegiatan PBM yang dilakukan oleh para dosen. Kuestioner merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi kinerja dosen dalam PBM untuk menilai kinerja dosen. Monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan merupakan sebuah upaya untuk menjamin kualitas perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen. Hasil monev perkuliahan dapat digunakan program studi, fakultas maupun universitas sebagai umpan balik atau feedback terhadap pelaksanaan proses perkuliahan yang dilakukan maupun tinjauan manajemen.

Monitoring diselenggarakan oleh Gugus Penjamin Mutu (LPM) Sitti Nursinar, S.Pi.,M.Si beserta Sitty Ainsyah Habibie, S.Pi.,M.Sc pada Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan pada Kamis, 18 Januari 2024. Dokumen yang perlu disiapkan oleh Program Studi pada saat monitoring  berupa  SK mengajar, RPS, data dosen sesuai bidang keahlian, daftar mahasiswa dan IPKnya dan rata-rata IPK. Gugus penjamin mutu melakukan inventarisir dan pendampingan untuk mengevaluasi kelengkapan dokumen, kemudian  hasil evaluasi tersebut didapatkan hal-hal apa saja yang kurang dan perlu diperbaiki untuk segera ditindaklanjuti.

 

 

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah