PKM Diktiristek 2024 Resmi Dibuka, Mahasiswa Cek Informasinya di Sini!

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 5 Februari 2024 . 15:24:53

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 mulai Kamis, 1 Februari 2024. Pendaftaran dan rangkaian kegiatannya dilakukan melalui laman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/.PKM merupakan program untuk mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yang berlandaskan pada penguasaan sains, teknologi serta keimanan yang tinggi. Hadir sejak tahun 2001, PKM sudah mengalami berbagai perubahan. 

Dalam penyelenggaraannya, PKM kini berada di bawah Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) sejak tahun 2015.

Adapun 10 Bidang PKM 2024Pada dasarnya PKM membebaskan mahasiswa terkait topik apa yang ingin dibawakan. Namun, secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi dua skema yakni pendanaan dan insentif.

1. PKM PendanaanSkema Pendanaan terdiri dari 8 bidang, yaitu:

  • PKM Riset Eksakta (PKM-RE): Pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkapkan informasi baru di bidang eksakta.
  • PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH): Pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkapkan informasi baru bidang sosial humaniora dan seni.
  • PKM Kewirausahaan (PKM-K): Produk iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa.
  • PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM): Solusi iptek (teknologi atau manajemen) bagi mitra non-profit.
  • PKM Penerapan Iptek (PKM-PI): Solusi iptek (teknologi atau manajemen) bagi mitra profit.
  • PKM Karsa Cipta (PKM-KC): Menghasilkan karya berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional.
  • PKM Karya Inovatif (PKM-KI): Menghasilkan karya fungsional, inovatif, solutif skala penuh, berbasis iptek, dan siap diproduksi masal.
  • PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK): Memuat isu SDGs dan isu nasional.

2. PKM InsentifSkema insenstif terdiri dari 2 bidang, yaitu

  • PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT): Karya tulis yang memuat ide berupa konsep perubahan di masa depan.
  • PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI): Artikel ilmiah hasil kegiatan akademik mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat.

Proposal yang lolos dari standar nilai yang ditetapkan akan didanai oleh Belmawa sebesar Rp 6 juta-Rp 10 juta. Selain itu, kampus juga wajib memberikan tambahan pendanaan maksimal Rp 2 juta.

Mahasiswa juga bisa memperoleh tambahan pendanaan dari instansi lain maksimal Rp 1 juta. Seluruh dana tambahan wajib dimasukkan dalam proposal nantinya.

Ketentuan Umum PKM 2024

  1. Peserta PKM merupakan mahasiswa aktif program Vokasi (D3 dan D4) atau Sarjana (S1) dari perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) hingga akhir pelaksanaan PKM 2024.
  2. Proposal disusun secara kelompok yang terdiri dari 3-5 mahasiswa.
  3. Satu mahasiswa hanya bisa mengusulkan 1 proposal pada skema pendanaan 8 bidang baik sebagai ketua atau anggota.
  4. Mahasiswa pengusul proposal PKM tidak diperkenankan mengusulkan proposal program PPK Ormawa dan P2MW di tahun yang sama.
  5. Perguruan tinggi wajib melakukan evaluasi internal untuk memastikan kualitas proposal yang diajukan.
  6. Pengusulan proposal PKM 2024 melibatkan 4 akun pengguna yaitu Akun pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan, Akun operator perguruan tinggi, Akun dosen pendamping terdapat pada menu data dukung di Simbelmawa, Akun mahasiswa otomatis muncul setelah akun operator perguruan tinggi mendaftarkan usulan judul proposal pada Simbelmawa.
  7. Perguruan tinggi yang belum memiliki akun pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dan/atau Akun operator perguruan tinggi dapat mengajukan permohonan akun melalui tautan bit.ly/akunsimbelmawa2024.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah