Prof. Femy M Sahami, S.Pi., M.Si Guru Besar FPIK, Ajukan Model Kelembagaan Nelayan Untuk Keberlanjutan Ikan Nike

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 12 Oktober 2023 . 16:12:38

Gorontalo -  Keberadaan Ikan Nike jika dapat dipertahankan dan dibarengi dengan perbaikan pasca panen serta didukung dengan teknologi pengolahan dan mendapat dukungan dari pemerintah, maka dapat memberikan jaminan kesejahteraan bagi para nelayan Nike dan pengusaha perikanan. 

Hal ini menjadi latar belakang Prof. Dr. Femy M. Sahami., S.Pi., M.Si. untuk mengajukan Model Kelembagaan Nelayan Nike pada pada Sidang Terbuka Senat Dalam Rangka Orasi Ilmiah Guru Besar di Lingkungan Universitas Negeri Gorontalo pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Auditorium UNG

“Kehadiran kelembagaan menjadi penting untuk nelayan ikan nike agar pemanfaatan nike menjadi berlanjut.” ungkapnya 

Ia menjelaskan kelembagaan tersebut menjadi kewenangan oleh pemerintah dalam hal inisiasi pembentukan hingga melibatkan secara partisipatif aktor dan institusi terkait.

“Terkait dengan ikan nike, walaupun hari ini masih dapat dikonsumsi, tapi untuk jangka panjang keberlanjutannya sangat memerlukan keseriusan pengelolaan secara komprehensif tanpa memisahkan wilayah administrasi daerah aliran sungai yang merupakan habitat dari induk ikan nike,” 

Diversifikasi produk Nike, selain untuk dapat meningkatkan asupan protein bagi masyarakat juga secara otomatis dapat meningkatkan usaha-usaha kecil menengah di Gorontalo.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah